3 HAL PENTING YANG HARUS KITA LAKUKAN KETIKA USIA MENGINJAK 40 TAHUN

 



 DOWNLOAD

 

Dalam bukunya "Life Begins at 40", Dr. Muhammad Musa Syarif menjelaskan bahwa usia 40 tahun merupakan masa yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena masa ini dipandang sebagai masa keemasan yang paling efektif untuk berkontribusi dan berpartisipasi dalam masyarakat.

Ibnu Athiyyah menyebutkan bahwa usia 40 adalah batasan kematangan dan keunggulan seseorang. Karena pada masa itu seseorang sudah mempunyai banyak pengetahuan dan pengalaman, pemikirannya sudah matang, jiwanya sudah tenang, semangatnya terarah, dan kemampuan daya indranya sudah semakin meningkat.

LALU, APA YANG HARUS KITA LAKUKAN KETIKA USIA MENGINJAK 40 TAHUN?

Dr. Muhammad Musa Syarif memberikan beberapa langkah penting yang harus dilakukan agar bisa menjalani usia 40 tahun dengan penuh berkah, di antaranya:

1. Lakukan instropeksi terhadap perjalanan hidup kita secara menyeluruh, sehingga dari hasil instropeksi ini kita bisa mengetahui kekurangan dan hal apa saja yang terlewat dalam sisa usia hidup kita.

2. Berpikirlah untuk bisa mewariskan kebaikan, ilmu dan pengalaman untuk orang lain dan generasi setelah kita, sehingga kebermanfaatnya bisa dirasakan bahkan oleh kita sekalipun meski kita sudah tiada.

3. Memperbaharui seluruh aspek kehidupan kita, yang terdiri dari:

  • Pembaruan keimanan, salah satunya dengan mulai melaksanakan qiyamul lail, bangun setengah jam sebelum fajar, puasa sunnah, melaksanakan haji dan umroh (bagi yang tinggal dekat mekah), dan taubat.
  • Pembaruan akhlak, menata hidupnya dengan menundukkan hawa nafsu (bermujahadah) sehingga kebiasaan dan tabiat jeleknya bisa berubah menjadi baik.
  • Pembaruan dakwah, mempersiapkan diri untuk menjalankan misi dakwah dengan membaca buku, menerima dan mendengarkan nasihat serta pengalaman para dai. Terjun ke medan dakwah dengan ikut serta dalam lembaga-lembaga dakwah.
  • Pembaruan ilmu, menghafal al quran, menghadiri majelis ilmu.
  • Pembaruan keluarga, lebih memperhatikan lagi pasangan kita dengan memberikan rasa aman dan kebahagiaan, memperbaiki penampilan dihadapan keluarga.
  • Pembaruan kesehatan, memeriksa kesehatan, berolahraga 2 jam dalam seminggu, memperhatikan pola makan dan makanan yang sehat.


Usia 40 tahun adalah waktu yang berkah, terkadang usia tersebut dapat menjadi pembuka kehidupan yang baru dengan senantiasa bertawakal kepada Allah dan memberikan kontribusi yang baik buat umat, serta bisa meninggalkan hal yang baik bagi generasi setelahnya.

"Orang-orang mencari dunia, jika mereka telah berusia 40 tahun, mereka berubah mencari akhirat". (An Nakhai).



Referensi:
Dr. Muhammad Musa Syarif. (2007). Life Begins At 40. Jakarta: Gema Insani Press.

3 HAL PENTING YANG HARUS KITA LAKUKAN KETIKA USIA MENGINJAK 40 TAHUN 3 HAL PENTING YANG HARUS KITA LAKUKAN KETIKA USIA MENGINJAK 40 TAHUN Reviewed by sandihasanudin on 09.20 Rating: 5

Tidak ada komentar

Developer Tools

Travel everywhere!